"Wake-up, Chit-Chat, Expose Harta Karun"


“Wake-up, Chit-Chat, Expose Harta Karun”



Perlu diketahui guys, hari mulai gelap di Istanbul itu.....
Kira-kira berkisaran pukul 9 lah.........
Pantesan aja sore kemarin aku udah ngantuk banget....
Maklumlah karena belum nyentuh pulau kapuk sama sekali hihihi........
Soalnya pukul 8 malam di sini, harinya masih terang benderang banget.
Tentu para imsomnia senangkan kalau waktu malam lebih singkat dibandingkan siang hihihi?

Bagaimana menurutmu petualangan kami tadi malam? Bagiku eksplorasi Blue Mosque tadi malam sungguh sangat membekas dan berkesan. Pastinya aku akan mengunjunginya lagi sesering mungkin selagi aku masih di Istanbul.
Alhamdulillah tadi malam aku dapat melepas penat di apartement temanku di wilayah Eropa, lumayankan dapat menghemat kantong mahasiswa hiihi?

Ditambah lagi aku diizinkannya untuk tinggal di sini sesuka mungkin selama aku berada di Istanbul, wah terimakasih Azmi..........

Memang kalau mahasiswa yang mendapatkan Scholarship di Turki, mereka telah difasilitasi apartement, makanan, dan uang saku per-bulan guys. Disamping biaya kuliah yang sudah ditanggung oleh pemerintah Turki / yayasan. Enak banget kan? 

Berbincang-bincang masalah beasiswa, tentu pasti menjadi topik pembahasan favoritku dari dulu. Sambil menyantap hidangan ala Orenji (makanan level mahasiswa) bersama mahasiswa-mahasiswa asli Turki dan temanku Azmi. Aku telah mendapatkan info yang kucari-cari selama ini, dan kugali terus bagaimana caranya aku bisa menembus beasiswa seperti mereka yang sudah berhasil ditahun sebelumnya.

Selesai sarapan kira-kira pukul 11. Hah, pukul 11? Sarapan apa makan siang tuh? Wait...........
Jadi, di Turki itu waktu untuk memulai seluruh aktivitas memang agak siangan guys. Bangunnya aja siang, aku aja yang sendiri bangun pagi. Kalau agendanya bukan jalan-jalan mah mana mau aku bangun pagi hahahaa..............

Well, agenda kita pagi ini adalah menggali harta karun. Hah, harta karun? 

Yes, HARTA KARUN...........

Guys, busnya udah datang, ayo masuk......!, 


Bus nomor 92 C ini akan mengantarkan kami kembali mengunjungi kawasan Sultan Ahmed. Kok ke sana lagi? Iya, soalnya masih ada beberapa tempat yang wajib  kita expose, karena kemarin sudah keburu malam, jadinya nggak sempat deh.....

Weekend benar-benar macet dan dipadati oleh pejalan kaki. Sebenarnya ada transportasi lain yang anti macet dan super cepat, seperti Tramvay (kereta listrik) Sub Way, dan Marmaray (kereta yang melintasi bawah laut). Karena lokasi apartement tidak begitu jauh dari Kawasan yang hendak kami tuju, jadinya kami memilih untuk naik Bus saja. 

Cukup dengan membayar 2 TL (10 ribu) dengan menempelkan Istanbul Card kita ke monitor yang terletak di samping sopirnya, kita sudah dapat menikmati fasilitas Bus yang full Ac dan tertib.

Wow! Wajah-wajah Timur Tengah dan Eropa di dalam Bus ini pada ngeliatin aku dari tadi. Aku tau kok tangan mereka semua pada gatel pengen ngambil handphone dan mau selfie sama tourist hahahaha........ #kepedean

Sekitar 15 menit dalam perjalanan akhirnya kami sampai di stasiun dekat kawasan Sultan Ahmed. Jadi, di Istanbul ini semua Bus akan singgah per stasiun guys. Kita tidak bisa turun sembarangan begitu saja. Walaupun masih jauh dari tempat destinasi yang hendak kalian tuju.

Yah, kalian harus jalan kaki. Tapi kan, jalan kaki di Eropa itu sesuatu banget, jadi tak apa lah hahaha...




Nah, kita sekarang akan mengunjungi Topkapi Palace, tempat apa itu? Nanti kalian pasti akan tau deh.........
Untuk masuk ke Topkapi ini kita harus membeli tiket seharga 30 TL di loket yang tersedia di dekat pintu masuk. Pintu masuknya sendiri seperti gerbang benteng, ya karena memang bekas gerbang kerajaan. Topkapi Palace dibangung pada tahun 1459, 6 tahun setelah runtuhnya Konstantinopel.

Sumpah Topkapi Palace keren banget! 
Di atas pintu gerbangnya terdapat kaligrafi Syahadat dan juga Tugraha, sejenis monogram, cap atau tanda tangan Sultan Utsmaniyah. Begitu masuk gerbang kita akan menemui taman yang luas. Komplek Topkapi ini memang sangat luas, butuh waktu dan energi ekstra jika ingin melihat semuanya. Karena saya datang diakhir pekan, maka pengunjung cukup padat saat itu.  
Tampak antrian yang cukup panjang untuk masuk ke ruang-ruang museum. Oh iya, di sini sayang sekali kita tidak diperkenankan untuk memotret di dalam ruangan yang menyimpan hamparan harta karun itu. Mungkin tujuannya untuk menjaga keotentikan barang-barang yang tidak ternilai harganya itu.



Harta karun? Serius?
Kita lihat saja nanti.....................

Untuk masuk keruangan utama di istana Topkapi ini, kita akan melewati gerbang yang berlapis-lapis. Mungkin dibangunnya gerbang yang kokoh, besar dan berlapis-lapis itu agar memperketat keamanan di tempat tinggalnya para sultan Ustmani ini.

Ku ambil gambar disemua sudut yang ada di istana ini....




 
Hai......!
Ternyata kami bertemu anak-anak dari Malaysia disini.
Selamat pagi chegku!!!!!!!


Wow, katanya mereka study S1 di UK guys, dan sekarang lagi liburan di Istanbul beberapa minggu. Ah, bikin ngiri........

Suasana menjadi tambah ramai, antriannya sebentar lagi tuh! Yuk siap-siap!

Detik-detik melangkahkan kaki ke ruangan itu
#Keepwalking
Hah?????????????
Apakah semua ini nyata?????

Subhanallah, merinding bulu roma mendengar alunan ayat suci Al-Quran di ruangan ini, benar-benar sangat menyentuh batinku.Telah hadir di hadapanku, hamparan warisan peradaban dunia itu. Tak pernah terbayangkan sebelumnya, ternyata pedang Nabi Muhammad SAW ada di dalam ruangan ini, dua pedang dan dua busur tersusun rapi di dalam sebuah kaca. Kekaguman dan penuh keharuan, ternyata itulah peralatan senjata yang digunakan untuk menumpaskan kekafiran dan memperjuangkan nama islam pada jaman dahulu.
Ku toleh lagi di sampingnya, pedang para sahabatnya rapi beristirahat di dalam sebuah kaca. Tak kusangka pula, aku bisa melihat  jelas tongkat Nabi Musa A.S dan pedang Nabi Daud A.S yang juga beristarahat di dalam sana. Benar-benar tempat ini sungguh luar biasa dan sungguh memukau. Al-fatihah ku panjatkan kepada mereka, kekasih Allah, para Nabi dan sahabatnya.
Masih dengan rasa haruku yang kian memuncak, kami memasuki ruang yang lain. Terlihat jelas seorang petugas keamanan turki ada di depan pintu itu. Mengapa di sana banyak sekali ya penjaganya? 
Oh, ternyata ruangan Itu adalah ruangan yang menyimpan harta peradaban dari 3 dinasti, ada pedang tentara salib, pedang dari tentara ustmani, baju zirah dan peralatan senjata perang yang digunakan pada abad-abad sebelumnya.
Oleh karena itulah, 2 ruangan yang menyimpan harta karun peradaban itu benar-benar dijaga sangat ketat. Jika kalian ketahuan mengambil satu gambar saja di ruangan ini, katanya kalian pasti ditendang keluar oleh petugas keamanan.

Oh my god! untung aku nggak ketahuan.....
Loh, emangnya kamu jepret-jepret di ruangan tadi?
Ah, lupakan itu dulu....

Sekarang aku mau nanya kalian dulu, apakah kalian pernah mendengar nama Crusader/ tentara salib? Pernah???
Tahukah kalian bahwa pedangnya itu ternyata telah membunuh ribuan tentara islam selama 8 abad lamanya? Hingga akhirnya pasukan tentara salib itu bisa dikalahkan. Dan pedang Crusader itu panjangnya berkisar 2 meter lebih, kebayangkan sebesar apa orangnya?
Pernah nonton film Dracula Untold?
Itu adalah sebuah film nyata, tapi apakah menurutmu ceritanya sudah sesuai dengan sejarah aslinya? Ataukah dibalik?
Simpan dulu semua pertanyaan itu, akan kujawab dipostingan selanjutnya....
 

Ah, ada gambar pedangnya nggak?


Loh, di sanakan dilarang untuk mengambil gambar.....


Tapi, apakah menurutmu tadi aku berhasil mengalihkan perhatian petugasnya?




6 komentar:

  1. Haha pasti kamu dapat jepretan fotonya. Ups!
    #taulah yang udah diceritain.

    Punya link ditempat yang asing seperti sebuah keharusan ya. Wuh kalo nggak bisa-bisa gak bisa pulang xixixi. Siip, lanjutkan ceritamu tentang harta karun yang km temui.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Tetep lucu kaya dulu ya ndraa,mesti ngakak kalo kamu cerita..just be your self,jangan pernah berubah yaa hihihii :'))) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin kangen ya, cerita-cerita pas SMS.. yang suka ngejekkin orang hahha.....
      aku kan tetap kyagini :P

      Hapus
  3. Tetep lucu kaya dulu ya ndraa,mesti ngakak kalo kamu cerita..just be your self,jangan pernah berubah yaa hihihii :'))) .

    BalasHapus