“Merasakan Atmosfir Tahun 1609”


“Merasakan Atmosfir Tahun 1609”

Kawasan Sultan Ahmed (persiapan eksplorasi malam ini)
Matahari terbenam yang ku lihat adalah jelas matahari yang sama dilihat oleh orang-orang di benua ini 1000 yang tahun lalu. Matahari itu menjadi saksi bisu bahwa Islam pernah menjamah Eropa. Silih berganti peradaban yang menjamah kota ini. Tak heran, bisa ku temukan peradaban Byzantium dan Romawi yang berdampingan di satu kawasan.

Dan ketika dinasti Ottoman berhasil menaklukkan kota Konstantinopel yang dikenal dengan bentengnya yang kuat dan berlapis-lapis itu. 1453, lahirlah cahaya Islam di kota multi peradaban ini. Aku mulai memahami arti dari sebuah kata ‘Toleransi’ sembari ku lihat banyaknya artefak dan berhala yang masih berdiri kokoh di kawasan ini. Serta rumah ibadah para dinasti sebelumnyapun juga masih gagah, bahkan telah dibungkus rapi selama berabad-abad oleh para sultan dinasti Ottoman. Bagaimana menurutmu?
Dramatis sekali bukan? Mereka menjaga bangunan itu semua dalam kurun waktu yang berabad-abad lamanya, hanya agar dapat disuguhkan kepada kita, generasi sekarang. 
Alhamdulillah, kita dapat menyaksikannya persis seperti apa yang disaksikan pula oleh orang-orang terdahulu. Tentu, menjaga peninggalan peradaban dari dinasti ke dinasti bukanlah suatu tugas yang mudah.

Allahuakbar.............
Ternyata aku berada di titik kejayaan pada masa dinasti Ottoman...........

Tak ada habisnya rasa kagumku melihat panorama malam di kawasan Sutan Ahmed ini. Sebuah kawasan yang berhasil mencuri hati ku hari ini. Ada Hagia Sofia yang merupakan gereja Orthodox, Basilica Cistern tempat penyimpanan air jaman Byzantium. Sebenarnya beberapa meter lagi dari Hagia Sofia, ada sebuah museum Archeology yang tidak sempat aku kunjungi karena sudah tutup. Di museum itu ada berhala-berhala, dan artefak jaman Romawi hingga Byzantium yang masih terawat.
Yang membuat emosiku semakin memuncak, ternyata di samping Hagia Sofia itu, ada sebuah bangunan yang menyimpan harta peradaban Islam dan harta peradaban dari 3 dinasti. Pokoknya tempat itu sangat wajib dikungjungi jika kalian berwisata di Istanbul, terutama bagi umat Islam. 

Kenapa? karena disana ada................
Eits.... masih rahasia......

Karena malam ini kita akan berwisata religi dulu guys. Kemana? Pokonya kita akan melihat bintang-bintang yang tersangkut  di dalam sebuah bangunan. Hah, memang ada?......
Ada...............
Yuk, sudah hampir pukul 8, kutunggu kalian disini, siapa saja kalian di sana yang membaca tulisan ini...............

Duduk di Bangku yang terletak di Depan Hagia Sofia, dan di Belakangku, Bangunan apa itu?
Dideru angin kencang di musim semi yang masih dingin menusuk, aku duduk di kursi yang menjadi pembatas antara Hagia Sofia dan tempat yang akan ku kunjungi itu. Aku mengenakan coat dan sarung tangan super tebal untuk melawan suhu 8 derajat ini. Sambil menikmati cay (teh ala Turki) dan jagung bakar Turki. Melihat orang-orang sedang mengambil gambar dan selfie di depan air mancur, tepatnya di depan Hagia Sofia. Ah, benar-benar  sangat mengunggah hasrat untuk ikut berselfie ria di situ. 

Suasana Potret Memotret di Kawasan Sultan Ahmed
Air Mancur di Depan Hagia Sofia
Ditambah lagi pesona tulip di malam hari. Wah...wah....wah......mata siapa sih yang tidak terbelalak?
Pesona Tulip Malam Hari

Kayaknya aku harus menggunakan memoricard ini dengan bijak deh. Soalnya sudah tidak ada lagi photo yang bisa dihapus hahaha.....
Karena bangunan yang akan kita kunjungi ini, katanya sangat luar biasa menakjubkannya......
Sumpah nggak sabar mau masuk ke dalam....

Ah, finally! Seseorang mendatangiku....
Azmi, PPI Istanbul
Perkenalkan temanku namanya Azmi, katanya dia kuliah di sini nih.... bikin ngirikan?
Azmi, Yuk langsung saja kesitu!
Guys, ayo!!!!!
Tempat yang ku janjikan untuk kita eksplorasi malam ini adalah sebuah masjid yang sangat terkenal di Istanbul. Kami akan berwisata religi malam ini. 

Blue Mosque dan Pesonanya Dimalam Hari
Blue Mosque, Masjid yang dibangun dengan tujuan menandingi kemegahan Hagia Sofia ini dibangun pada  tahun 1609. Blue Mosque? Apakah warnanya biru? Tadinya aku sempat mengira interior masjidnya akan bernuansa biru sesuai dengan namanya. Tapi aksen kebiru-biruannya hanya terlihat samar-samar saja dimalam hari, mungkin karena pengaruh efek cahaya kali ya?

Masjid ini memiliki 6 menara,  dengan kubah yang sangat menjulang tinggi. Dinding bangunan yang berwarna coklat keemasan dan kaca-kaca jendela yang berhiaskan mozaik-mozaik berwarna-warni, membuat interior dalam masjid sungguh megah dan indah. Sebuah lampu yang terpasang cukup rendah, benar-benar menambah keunikan dan kesan tersendiri terhadap tata ruangnya.
Coba lihat.........!
Lampu-lampu yang dipasang rendah
Interior Blue Mosque

Lampu-lampu yang berpendar di bagian tengah ini, menurutku sungguh menyerupai bintang-bintang jatuh yang tertahan oleh gaya gravitasi, coba kamu lihat lagi! Bagaimana menurutmu? 

Well, yang lebih kerennya lagi, disini terdapat pilar-pilar marmer dan lebih dari 200 jendela kaca patri dengan berbagai desain yang memancarkan cahaya dari luar dengan dibantu chandeliers. Dalam chandeliers diletakkan telur burung unta untuk mencegah laba-laba membuat sarang di situ. Serta interiornyapun juga dipenuhi oleh kaligrafi ayat-ayat Al Qur’an. Luar biasa bukan?


Masjid ini benar-benar membuat kami terbungkam. Dan aku benar-benar betah disini, soalnya kita bisa berlama-lama di sini guys.

Wajah Habis Bertaubat
Oh iya! Tidak ada pungutan bayaran untuk masuk ke masjid ini, karena masjid masih aktif sebagai tempat beribadah, tetapi juga terbuka untuk wisatawan yang non muslim untuk berkunjung. Dengan syarat, kalian wajib melepas alas kaki dan berpakaian sopan untuk masuk kedalam masjid. Untuk turis perempuan, kalian wajib mengenakan hijab untuk masuk ke dalam.

Sungguh syahdu sekali suasananya. Alunan ayat suci alquran, ah, benar-benar menggetarkan jiwa. Sesyahdu-syahdunya perjalanan dalam berwisata, aku yakin wisata religi pasti membawa kesan tersendiri bagi setiap orang. Benarkan?

Sungguh luar biasa masjid ini........
1609. Ya, dapat kurasakan atmosfir itu......
Terima kasih untuk menjaganya selama berabad-abad............
Petualangan yang sangat menakjubkan hari ini.......

2 komentar:

  1. bahkan saat malam hari tempat" disana begitu memukau ya XD
    tulipnya juga masih mekar gt. banyak bgt peninggalan" disana sampe km kehabisan memori segala buat foto gt, pdhl sudah da yang tutup juga. Nice!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pesona malam itu memang luar biasa ............

      Hapus